Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Seksual Pranikah Berisiko Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) pada Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

  • Parizkia Anggri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Yuliani Winarti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Pengetahuan, Perilaku Seksual Pranikah, Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD), Mahasiswa

Abstract

Tujuan studi: Mengetahui hubungan pengetahuan dengan perilaku seksual pranikah berisiko Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) pada Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 90 responden yang dipilih menggunakan probability sampling dengan jenis stratified random sampling dengan populasi sebanyak 117 mahasiswa/i. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online (google form) dengan uji statistik menggunakan uji Chi-Square.

Hasil: Tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku seksual pranikah berisiko Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) pada mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur dengan nilai p-value (0.879) > ╬▒ (0.05).

Manfaat: Menjadikan penelitian ini sebagai penambah wawasan terkait bahayanya seks pranikah untuk mencegah tidak terjadinya perilaku yang menyimpang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24
Section
Kesehatan Masyarakat