Hubungan Pelatihan dengan Kejadian Kecelakaan Kerja pada Penyelam Tradisional di Derawan

  • Jihan Mawafasyah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Kresna Febriyanto Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Pelatihan, Kejadian kecelakaan kerja, Penyelam tradisional

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan pelatihan dengan kejadian kecelakaan kerja pada penyelam tradisional di Derawan.

Metodologi: Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel 186 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan uji chi square.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pelatihan dengan kejadian kecelakaan kerja (p-value = 0,000).

Manfaat: Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam menerapkan ilmu Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ditempat kerja dan pengaplikasian ilmu kesehatan masyarakat. Sebagai indikator keberhasilan dari proses belajar selama menempuh pendidikan dan dapat dijadikan referensi untuk peneliti selanjutnya. Untuk penyelam tradisional yaitu sebagai bahan informasi mengenai hubungan pelatihan dengan kejadian kecelakaan kerja pada penyelam tradisonal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24
Section
Kesehatan Masyarakat