Hubungan Status Gizi (IMT) Dengan Tingkat Kualitas Hidup Pada Nelayan

  • Nanda Dewani Aristawati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Kresna Febriyanto
Keywords: Status Gizi, Tingkat Kualitas Hidup, Nelayan.

Abstract

Tujuan Studi : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi status gizi nelayan, mengidentifikasi kualitas hidup nelayan, serta untuk menganalisis hubungan status gizi berdasarkan indeks massa tubuh dengan tingkat kualitas hidup nelayan di Pulau Derawan.

Metodologi : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan responden sebanyak 302 orang. Metode yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan accidental sampling.Penelitian ini menggunakan rancangan survey cross sectional, analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data uji Chi-Square.

Hasil : Hasil dari analisis uji Chi-Square didapatkan hasil Pearson Chi-Square yang telah dilakukan, memperoleh nilai p-value sebesar 0,248 dimana nilai tersebut lebih besar dari taraf signifikan α yaitu 0.05, sehingga dapat disimpulkan tidak ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan kualitas hidup pada nelayan di Pulau Derawan.

Manfaat : Hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan menjadi sumber referensi dan sebagai bahan bacaan yang dapat menambah wawasan pembaca tentang hubungan status gizi berdasarkan indeks massa tubuh dengan tingkat kualitas hidup nelayan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>