HUBUNGAN KELELAHAN KERJA DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA PADA PENYELAM TRADISIONAL DI PULAU DERAWAN PROVENSI KALIMANTAN TIMUR

  • Rahmat Hi Dayat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Kresna Febriyanto
Keywords: kelelahan kerja, kecelakaan kerja, penyelam tradisional

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian adalah Mengetahui adanya hubungan Kelelahan pada pekerja dengan kejadian kecelakaan pada pekerja penyelam tradisional di pulau derawan provinsi Kalimantan timur.

Metodologi: Desain dalam penelitian yang digunakan adalah desain cross sectional. Jumlah populasi penyelam tradisional yang berjumlah 300 jiwa. Dengan sampel 186 responden. Teknik sampeling dalam penelitian ini adalah accidental sampling, instrument penelitian yang digunakan adalah kuisoner yang dimana berisi karakteristik responden dan bivariat kelelahan dengan kecelakaan kerja. Analisis statistik menggunakan spearman rank test sebesar 0.005%.

Hasil: Hasil perhitungan menggunakan Spearman dengan nilai sig 0.000 < nilai Pvalue 0,005, dan nilai correlation (+0.498). Hasil dari Penelitian bertujuan untuk menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dan searah antara kelelahan kerja dengan kejadian kecelakaan kerja pada penyelam tradisional di pulau Derawan Provensi Kalimantan timur.

Manfaat: Manfaat dari penelitian ini menjadikan hasil penelitian ini untuk bahan evaluasi di penyelenggaraan program pendidikan ilmu kesehatan masyarakat, menjadikan hasil penelitian ini sebagai indikator keberhasilan dari proses belajar mengajar selama kuliah dan digunakan sebagai sumber referensi untuk acuan dan pedoman dalam melakukan penelitian kesehatan ditahun berikutnya. Manfaat untuk perusahaan ialah sebagai informasi tentang kejadian kecelakaan kerja yang disebabkan oleh kelelahan kerja pada penyelam Tradisional di Pulau Derawan Provensi Kalimantan Timur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>