Pengaruh Religiusitas terhadap Etos Kerja: Studi pada Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Authors

  • Hesty Febriyanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Vera Anitra

Keywords:

Religiusitas, Etos Kerja

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini ditujukan dalam analisis pengaruh religiusitas terhadap etos kerja pada tenaga kependidikan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi: Adapun jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif yaitu dilakukan dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui formulir google. Sampel di penelitian ini yaitu 60 responden yang memiliki variabel (X) religiusitas dan variabel (Y) etos kerja. Rumus yang digunakan adalah rumus Slovin, analisis data kami menggunakan rumus interval, kemudian hasil penelitian akan diproses dengan mengacu pada tabel skala Likert. Untuk menghasilkan angka koefisien validitas, teknis analisis regresi linier sederhana adalah teknis analisi yang digunakan dengan bantuan SPSS versi 22.

Hasil: dalam menguji validitas instrumen di penelitian ini, model analisis Korelasi Product Moment yang digunakan dalam penelitian pada tingkat kepercayaan ∝ = 0,05. Dan hasil dari analisis regresi yang dilakukan menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif signifikan terhadap etos kerja pada Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur sebesar 5.098

Manfaat: Dari penelitian yang dilakukan dapat memberikan manfaat pada peneliti lain untuk pengembangan studi mengenai pengaruh religiusitas terhadap etos kerja pada tenaga kependidikan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur sehingga dapat membantu dan memberi masukan pada Universitas berkembang lebih baik untuk meningkatkan etos kerja terhadap tenaga kependidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06

Most read articles by the same author(s)

> >>