Analisis Pengaruh Net Profit Margin, Public Ownership, Dan Loan To Deposit Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI

  • Febri Febri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fenty Fauziah
Keywords: Net Profit Margin, Public Ownership, Loan to Deposit Ratio, Firm Value

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh dari Net Profit Margin (NPM), Public Ownership (PO), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI baik untuk pengaruh secara parsial maupun simultan. Periode pada penelitian ini adalah selama 2 tahun yakni tahun 2017-2018.

Metodologi: Penelitian dengan jenis kuantitatif adalah jenis yang di gunakan pada penelitian ini, populasi penelitian yaitu pada perusahaan perbankan secara keseluruhan yang terdaftar dan teknik purposive sampling menjadi metode dalam teknik pemilihan sampel yang digunakan dengan beberapa kriteria pemilihan sehingga diperoleh sampel perusahaan perbankan. Adapun teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan merupakan data sekunder yang digunakan pada penelitian. Teknik analisis data yaitu data panel dengan program pengolah data statistik EViews 11.

Hasil: Berdasarkan hasil analisis data, Net Profit Margin (NPM) secara parsialnya berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, adapun Public ownership (PO) secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh negatif dan signifikan, terhadap nilai perusahaan, secara simultan NPM, PO, dan LDR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, hal ini menjelaskan pengaruh rasio keseluruhan  yang mempengaruhi nilai perusahaan.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan bisa menjadi alat dalam menambah pengetahuan untuk para pembaca dan peneliti lainnya begitupun para investor yang mana dalam melakukan keputusan investasi tentu tidak melihat pengaruh dari satu faktor yang mempengaruhi saja, tetapi juga melihat serta mempertimbangkan pengaruh dari beberapa faktor sekaligus dalam memutuskannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27

Most read articles by the same author(s)