Analisis Pengaruh Enterprise Risk Management (ERM) dan Return On Asset (ROA) terhadap Firm Value pada Perusahaan Pertambangan Batu Bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Mai Sarah S1 Manajemen
  • Fenty Fauziah

Keywords:

Enterprise Risk Management (ERM), Return On Asset (ROA), Firm Value

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Enterprise Risk Management (ERM) dan Return On Asset (ROA) terhadap Firm Value pada perusahaan pertambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara parsial maupun simultan.

Metodologi: Teknik pengumpulan data menggunakan data yang diperoleh melalui pengumpulan data sekunder yang diakses melalui website resmi Bursa Efek Indoensia.Populasi seluruh perusahaan pertambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yaitu data panel dengan program pengolah data statistik Eviews.

Hasil: Enterprise Risk Management (ERM) berpengaruh negatif signifikan terhadap Firm Value sedangkan Return On Asset (ROA) berpengaruh positif signifikan terhadap Firm Value dan secara simultan variabel Enterprise Risk Management (ERM) dan Return On Asset (ROA) berpengaruh signifikan terhadap Firm Value.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan bisa menjadi alat dalam menambah pengetahuan untuk para peneliti dan pembaca lainnya begitupun para investor yang dalam melakukan keputusan investasi tentu tidak melihat pengaruh dari satu faktor yang mempengaruhi saja, tetapi juga melihat serta mempertimbangkan pengaruh dari beberapa faktor sekaligus dalam memutuskannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-14

Most read articles by the same author(s)

> >>