Analisis Pengaruh Net Interest Margin (NIM), Public Ownership (PO), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Eddy Kurniawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fenty Fauziah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Net Interest Margin, Public Ownership, Loan to Deposit Ratio, Nilai Perusahaan

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis dan menguji pengaruh Net Interest Margin (NIM), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Public Ownership (PO) terhadap Nilai Perusahaan (PBV) di perbankan yang termasuk dalam daftar BEI.

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah jenis kuantitatif. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Sebanyak 40 perbankan di periode 2017-2018 digunakan pada penelitian ini. Data yang telah dikumpulkan kemudian dilakukan uji Hipotesis menggunakan Regresi Data Panel yang terdapat dalam Eviews 11.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan, secara simultan Net Interest Margin (NIM), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Public Ownership (PO) memiliki pengaruh signifikan pada nilai perusahaan (PBV), selanjutnya secara parsial seluruh variabel independen tidak memiliki pengaruh signifikan pada nilai perusahaan.

Manfaat: Manfaat penelitian ini dapat mengetahui bahwa tidak hanya salah satu rasio yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan, tetapi nilai perusahaan tersebut bisa dipengaruhi pula oleh keseluruhan rasio, sehingga mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-31