Pengaruh Pelatihan Terhadap Kualitas Pelayanan pada PT. Matahari Department Store Plaza Mulia Samarinda

  • Rahmadani Rahmadani Universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Suwoko Suwoko Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Pelatihan, Kualitas Pelayanan

Abstract

Tujuan Studi :Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pelatihan terhadap kualitas pelayanan pada PT. Matahari Department Store Plaza Mulia Samarinda, data penelitian diperoleh berdasarkan hasil kuesioner yang mengambil sampel sebanyak 92 karyawan perusahaan.

Metodologi :Pengumpulan data adalah dengan metode survei, dan dengan alat bantu yaitu kuesioner yang dibagikan melalui link google form. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis linear sederhana berdasarkan hasil output dari aplikasi SPSS 23.

Hasil :Sehingga diperoleh nilai : Y = 0.532 + (0.802X). dari hasil perhitungan tersebut, didapatkan nilai beta 0.532, sehingga dapat dikatakan bahwa pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan karyawan pada PT. Matahari Department Store Plaza Mulia Samarinda. Dengan perolehan koefisien determinasi (R²) sebesar 0.753 artinya, pelatihan mempengaruhi pelatihan sebanyak 76%, sedangkan sisanya sebanyak 24% dipengaruhi oleh variabel – variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Manfaat :Dalam pelaksanaannya, kualitas pelayanan sangat dipengaruhi oleh bagaimana karyawan dalam bekerja memahami serta menjalankan apa yang menjadi tanggung jawabnya kepada perusahaan. Berbagai macam bentuk pelatihan wajib diterapkan oleh setiap karyawan, karena pelatihan yang baik akan menghasilkan kualitas pelayanan yang baik pula. Keberhasilan pelatihan akan menghasilkankualitas pelayanan yang baik dan merupakan citra perusahaan, juga dapat dijadikan pedoman serta tolak ukur karyawan dalam menjalankan pekerjaan maupun dalam menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan pekerjaannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-30