Faktor Jarak Kehamilan yang Berhubungan dengan Kejadian Stunting di Puskesmas Harapan Baru Samarinda Seberang

  • Ria Jayanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rini Ernawati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Pregnancy Distance, Stunting

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan jarak kehamilan ibu dengan kejadian stunting di puskesmas harapan baru samarinda seberang.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskristif korelasi dengan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan teknik pendekatan sampling cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah orang tua yang memiliki balita (1-5 tahun), mampu berbahasa Indonesia, yang berkunjung di posyandu wilayah kerja Puskesmas Harapan Baru Samarinda Seberang dengan jumlah responden sebanyak 70 responden. Pada penelitian ini peneliti menggunakan uji Chi-square untuk dengan skala ordinal.

Hasil: Dari total 70 responden, Balita yang mengalami stunting ada 28 responden (40%), dan yang tidak mengalami stunting sebanyak 42 responden (60%). Hasil uji yang dibuktikan melalui rumus chi-square dengan hasil taraf signifikan α = 0% dan nilai p = 0,004. Terdapat Hubungan antara Jarak Kehamilan dengan kejadian Stunting di Puskesmas Harapan Baru Samarinda Seberang dengan nilai p-value=0,002 < 0,05 , sehingga HO di tolak.

Manfaat: Penelitian yang dilakukan dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi peneliti tentang hubungan jarak kehamilan dengan kejadian stunting di puskesmas harapan baru samarinda seberang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-27