Hubungan Penggunaan Gadget dengan Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah 5 Samarinda
Keywords:
Anak usia sekolah dasar, Interaksi Sosial, Penggunaan GagdetAbstract
Tujuan studi: Untuk mengidentifikasi karakteristik, penggunaan gadget, perkembangan interaksi sosial dan menganalisis adanya hubungan penggunaan gadget dengan interaksi sosial pada anak usia sekolah dasar di SD Muhammadiyah 5 Samarinda.
Metodologi: Kuantitatif berbentuk Descriptive Corelation dengan pendekatan Cross Sectional. Besar sampel 97 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan uji chi-square.
Hasil: Nilai p-value 0,231 (p > 0,05) yaitu kesimpulannya Ho diterima. Hal ini menjelaskan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dan interaksi sosial anak usia sekolah dasar di SD Muhammadiyah 5 Samarinda. Hasil odds ratio 0,610 artinya penggunaan gadget yang rendah berpeluang 0,610 kali lipat lebih besar dapat membentuk interaksi sosial yang baik dibanding penggunaan gadget yang tinggi.
Manfaat: Hasil penelitian ini diharapkan agar dapat lebih memperhatikan interaksi sosial anak yang menggunakan gadget usia sekolah dasar.