Hubungan Penggunaan Gadget dengan Moral Anak Usia Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah 5 Samarinda

  • Juwita Juwita Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rini Ernawati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Penggunaan Gadget, Moral Anak

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan moral anak terutama pada kelas 5.

Metodologi: Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 5 Samarinda pada kelas 5 sekolah dasar dengan populasi 128 responden. Dari 128 populasi sampel penelitan sebanyak 97 responden. Metode penelitian kuantitatif berbentuk descriptive corelation dan menggunakan pendekatan cross sectional dengan menggunakan instumen penelitian berupa kuesioner yang di jawab melalui google from.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan penggunaan gadget pada anak yang memakai gadget dengan intensitas tinggi sebesar 90 (92,8%) responden dan pemakaian sedang sebesar 7 (7,2%) responden. Pada moral didapatkan data kurang baik sebesar 55 (56,8) responden dan baik 42 (43,2%) responden. Hasil p-value 0,462 > 0,05 dengan nilai odds ratio (OR) sebesar 1,825.

Manfaat: Hasil dari penelitian ini di harapkan agar lebih memperhatikan dalam penggunaan gadget pada anak sehingga tidak terjadinya penurunan moral pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-12

Most read articles by the same author(s)