Hubungan Usia Dan Jenis Kelamin Dengan Inisiasi Seks Pranikah Pada Remaja Di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda

  • Syarifatul Adawiyah universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Yuliani Winarti
Keywords: Gender, Age, Premarital Sex Initiation

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melihat apakah ada hubungan usia dan jenis kelamin dengan inisiasi seks pranikah pada remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah siswa/i kelas X dan XI SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda. Jumlah responden sebanyak 76 orang yang terdiri dari 41 orang laki-laki dan 35 orang perempuan. Teknik pengambilan sampel untuk kelompok menggunakan Simple Random Sampling dengan Teknik Stratified Random Sampling. Data dianalisis secara bivariat menggunakan Chi-Square.

Hasil: Hasil penelitian ini menggunakan uji statistik Chi-square maka di peroleh nilai p-value yaitu 0,205 untuk jenis kelamin dan 0,103 untuk usia nilai tersebut lebih besar dari taraf signifikan a yaitu 0,05 sehingga tidak ada hubungan antara jenis kelamin dan usia dengan inisiasi seks pranikah di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda.

Manfaat: Hasil penelitian ini bisa berguna untuk bahan evaluasi dalam penyelenggaraan program sosialisasi pendidikan seks, menjadikan hasil penelitian ini sebagai indikator keberhasilan dari proses belajar mengajar di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>