Dampak Covid-19 terhadap Kinerja Keuangan dan Harga Saham pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Authors

  • Dyah Ayu Lestari dyahayu.nov98@gmail.com
  • Asmadhini Handayani Rahmah

Keywords:

Covid-19, Return on Asset (ROA), Operating Profit Margin (OPM), Net Profit Margin (NPM), Harga Saham

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan variabel kinerja keuangan ROA, OPM dan NPM serta harga saham sebelum dan sesudah Covid-19 pada perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI.

Metodologi: Data pada penelitian ini menggunakan data sekunder dengan bentuk laporan keuangan perusahaan farmasi yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) periode triwulan III tahun 2019 hingga triwulan IV tahun 2020.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan rasio kinerja keuangan ROA dan OPM serta harga saham sebelum dan sesudah Covid-19, namun terdapat perbedaan signifikan rasio NPM sebelum dan sesudah Covid-19.

Manfaat: Untuk mengetahui apakah perusahaan farmasi terdampak oleh pandemi Covid-19, Sebagai bahan pengambilan keputusan bagi investor dan kreditur serta acuan maupun bahan pertimbangan bagi para investor dalam melakukan transaksi di pasar modal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06