Tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Pada Perkuliahan Daring Di Era Pandemi

  • Dian Ahmad Yani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Nanda Alfian Mahardhika Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: motivasi belajar, mahasiswa, pendidikan olahraga, daring, pandemi

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kesulitan mahasiswa (2) meingkatkan motivasi belajar pada perkuliahan daring (3) motivasi belajar  mahasiswa pendidikan olahraga UMKT saat pandemi.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan variabel tunggal. Dengan populasi adalah 64 mahasiswa dan sampel berjumlah 31 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan mencari persentase dari tiap-tiap indikator.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa memiliki perbedaan diagram dari tiap-tiap indikator yang telah di isi responden: (1) indikator 1, rendah 3%, sedang 52%, tinggi 14%. (2) indikator 2, rendah 10%, sedang 23%, tinggi 68%. (3) indikator 3, rendah 29%, sedang 68%, tinggi 3%. (4) indikator 4, rendah 26%, sedang 68%, tinggi 6%. (5) indikator 5, rendah 42%, sedang 52%, tinggi 6%. Kurang pahamnya materi yang di sampaikan di perkuliahan daring membuat tidak bersemangat jika di beri tugas, Gangguan jaringan internet membuat kurang bersemangat pada perkuliahan daring, kuliah online membuat mahasiswa kurang bersemangat dibanding dengan kuliah offline.

Manfaat: Manfaat hasil penelitian secara teoritis, untuk mengetahui tingkat motivasi belajar mahasiswa, untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada perkuliahan daring, untuk mengetahui kesulitan belajar mahasiswa ketika perkuliahan daring.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
Section
Pendidikan Olahraga

Most read articles by the same author(s)