Penerapan Penerapan Sport Massage pada Cabang Olahraga Pencak Silat di Sekolah khusus Olahragawan Internasional (SKOI) Kalimantan Timur

Indonesia

Authors

  • Reza Restu Priyai Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Nanda Alfian Mahardhika

Keywords:

Masseur, Sport Massage, Atlet, PencakSilat, SKOI Kalimantan Timur

Abstract

Tujuan studi: Sport massage merupakan unsur penting sebagai bagian aspek penunjang dalam pencapaian prestasi olahraga yang optimal terutama pada cabang olahraga pencak silat yang memiliki resiko tinggi terjadinya cedera. Tujuan dalam penelitian ini ingin mengetahui penerapan sport massage pada cabang olahraga pencak silat di Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) Kalimantan Timur.

Metodologi: Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, desain penelitian ini menganalisis, mengkaji dan mendeskripsikan tujuan dan penerapan sport massage cabang olahraga pencak silat. Subyek dalam penelitian ini yaitu: 1) atlet pencak silat SKOI, 2) masseur SKOI, 3) pelatih pencak silat SKOI, divisi kesehatan dan kepala UPT di SKOI Kalimantan Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil: Penerapan sport massage pada cabang olahraga pencak silat di SKOI Kalimantan Timur sudah tersedia dan terlaksana dengan baik karena adanya dukungan dari divisi kesehatan dan kepala UPT sehingga terlaksana dengan baik dan optimal.

Manfaat: Manfaat dari penelitian ini adalah mengingatkan bahwa aspek penunjang sport massage pada cabang olahraga pencak silat memang sangat dibutuhkan dan sebagai rekomendasi terhadap sekolah atlet yang ada di Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Pendidikan Olahraga