Penerapan Penerapan Manajemen Latihan Cabang Olahraga Pencak Silat di Sekolah Khusus Olahragawan Internasional Kalimantan Timur

Indonesia

Authors

  • Aris Ariyadi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Nanda Alfian Mahardhika

Keywords:

Manajemen Latihan, Pencak Silat, SKOI

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan manajemen latihan cabang olahraga pencak silat di sekolah khusus olahragawan internasional kalimantan timur.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Desain penelitian menganalisis, mengkaji masalah manajemen latihan dan penerapan untuk cabang olahraga pencak silat. Subjek penelitian ini adalah pencak silat Sekolah Khusus Olahragawan Internasional Kalimantan Timur.

Hasil: 1) Sistem rekrutmen pelatih, atlet cabang olahraga pencak silat menggunakan website, 2) Peningkatan kompetensi pelatih pencak silat mendapatkan bimbingan dari bidang kepelatihan, 3) Jaminan pelatih mendapatkan program BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan sistem subsidi, 4) terkait aspek kebutuhan pola latihan, hubungan komunikasi, program latihan, sarana dan prasarana dilaksanakan dengan baik. Manajemen latihan pencak silat di SKOI Kalimantan timur sudah berjalan dengan baik. beberapa aspek yang perlu ditingkatkan yaitu merencanakan anggaran untuk mengikuti pelatihan, memberikan program BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan kepada atlet, memberikan fasilitas latihan yang memadai untuk mencapai hasil prestasi yang baik.

Manfaat: Manfaat penelitian ini dapat digunakan sebagai literatur dalam pelaksanaan penelitian selanjutnya, Dapat menambah wawasan, pengetahuan dan perkembangan ilmu mengenai penerapan manajemen latihan pencak silat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Pendidikan Olahraga