Hubungan Norma Subjektif dan Teman Sebaya terhadap perilaku seks bebas pada remaja di SMPN 4 Samarinda

Authors

  • Azizah Azizah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Yuliani Winarti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Norma Subjektif, teman sebaya, perilaku seks bebas

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui Hubungan Norma Subjektif dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Seks Bebas pada Remaja di SMPN 4 Samarinda .

Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan kepada siswa/i SMPN 4 Samarinda. Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional yaitu penelitian yang dilakukan sekali saja dalam satu waktu (poin time approach) dengan tujuan mendapatkan hubungan sebab akibat terhadap faktor-faktor  risiko dengan efek. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalaha analisis bivariat dengan menggunakan uji statistik yaitu uji Chi Square / Fisher Exact dengan derajat kepercayaan 95% (α = 0,05).

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara norma subjektif dan perilaku seks bebas dengan nilai p-value =  0,626 > 0.05dan juga tidaj ada hubungan yang signifikan antara teman sebaya dan perilaku seks bebas dengan nilai p-value = 0,255 > 0.05

Manfaat: Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam penyelenggaraan program pendidikan ilmu kesehatan masyarakat, sebagai indikator keberhasilan dalam proses belajar mengajar selama perkuliahan, sebagai sumber referensi dan acuan dalam penelitian berikutnya serta sebagai informasi mengenai hubungan norma subjektif dan teman sebaya terhadap perilaku seks bebas pada remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-30

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>