Hubungan Kecanduan Game Online dengan Kualitas Tidur pada Remaja Literature Review

  • Rumi Tri Hastani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rumi Tri Hastani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Kecanduan, Game Online, Kualitas Tidur dan Remaja

Abstract

Tujuan studi: Tujuan studi literature review ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kecanduan game online terhadap kualitas tidur pada remaja.
Metodologi: Penelitian ini menggunakan data sekunder dimana data ini diperoleh dari hasil penelitian terdahulu. Sumber data sekunder yang didapatkan berupa jurnal dan artikel menggunakan databsae Google Scholar, Garuda Risetdikti dan Pubmed.
Hasil: Hasil literature review dari 16 jurnal menunjukkan bahwa remaja yang kecanduan bermain game online memiliki kualitas tidur yang buruk sebesar 63,7% (1110 responden). Dismpulkan bahwa kecanduan game online dapat berpengaruh terhadap kualitas tidur remaja. Dimana ketika remaja yang kecanduan game online cenderung akan terus menambah waktu untuk bermain game dan melupakan waktu untuk beristirahat atau tidur.
Manfaat: manfaat dari penelitian diharapkan dapat menmbahkan keilmuan terhadap pengaruh kecanduan game online pada remaja dan dapat memberikan informasi tentang kecanduan game online pada remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rumi Tri Hastani, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Published
2022-04-13