Hubungan Kecanduan Game Online dengan Motivasi Belajar pada Remaja: Literature Review

  • Karmila Karmila Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Arief Budiman
Keywords: Kecanduan Game Online, Motivasi Belajar, Remaja

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan bermain gameonline dengan motivasi belajar pada remaja.

Metodologi: Desain penelitian ini menggunakan metode literature review terkait keadaan pandemi Covid-19 yang membatasi peneliti dalam pengambilan data. Database yang digunakan terkait sumber referensi kecanduan game online dengan motivasi belajar pada remaja adalah database Cendikiawan atau Google Scholar, ProQuest, dan Pubmed yang terdiri dari lima jurnal nasional dan sepuluh jurnal internasional.

Hasil: Berdasarkan dari studi literature review ini menunjukkan dari 15 jurnal yang telah di review dapat disimpulkan bahwa: 1) Remaja mengalami kecanduan game online yakni dengan rata-rata rentang kategori tinggi yakni 61,50% dan rendah 38,50%, 2) Remaja memiliki motivasi belajar yang bervariasi sebab memiliki kemampuan dan pola pikir yang berbeda-beda, dengan rata-rata rentang yakni kategori tinggi 60,26% dan rendah 39,74%, 3) Terdapat hubungan yang negatif terhadap kecanduan game online dengan motivasi belajar yakni semakin tinggi tingkat kecanduan game online maka motivasi belajar akan rendah. Remaja yang mengalami motivasi belajar yang menurun dalam proses pembelajaran membuatsemangat berkurang.

Manfaat: Diharapkan penelitian ini dapat memberikan ilmu dan pengetahuan serta menambah wawasan yang mengedukasi berkenaan dengan hubungan kecanduan game online dengan motivasi belajar pada remaja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-12