Pengaruh Pemberian Mirror Therapy terhadap Fungsi Motorik Pasien Stroke yang menderita Hemiparesis Ektremitas Atas :Literature Review

Authors

  • Marchy Noor Assyiva Zahra Universitas Muhammadiyah Kalimant Timur
  • Slamet Purnomo

Keywords:

Mirror Therapy, Stroke, Fungsi Motorik, Hemiparesis

Abstract

Tujuan studi: Literature Review ini ditujukan untuk menganalisa pengaruh pemberian mirror therapy terhadap fungsi motorik pasien stroke yang menderita hemiparesis ekstremitas atas.

Metodologi: Penelitian ini memakai desain literature review, peneliti mengumpulkan artikel yang telah diberi kriteria sesuai dengan kriteria inklusi yang telah ditentukan.

Hasil: Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ada pengaruh signifikan terhadap fungsi motorik pasien stroke setelah diberi intervensi mirror therapy.

Manfaat: Memberikan pengetahuan mengenai mirror therapy yang dapat mempengaruhi fungsi motorik sehingga dapat meningkatkan pergerakan ekstremitas atas dan juga dapat menjadi evidenced based tindakan keperawatan dipelayanan kesehatan untuk pasien stroke dengan kelemahan otot serta diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai penerapan mirror therapy untuk meningkat fungsi motorik pasien stroke serta kedepannya dapat diterapkan oleh pasien stroke secara mandiri ataupun keluarga agar dapat membantu menerapkannya pada keluarga yang mengalami stroke dirumah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-25