Efektivitas Kontrol Tekanan Darah dengan Tingkat Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi : Literature Review

  • Siti Maisarah umkt
  • Slamet Purnomo
Keywords: Perilaku Kontrol, Tekanan Darah, Hipertensi

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui Efektivitas Kontrol Tekanan Darah dengan Tingkat Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi melalui Studi Literature Review.

Metodologi: Jenis penelitian yang digunakan adalah metode Literature review. dengan menggunakan tiga database (Sage, Pubmed, dan Google Schoolar ). Pencarian artikel atau jurnal menggunakan Keywordjurnal Nasional : Perilaku Kontrol AND Tekanan Darah AND Hipertensi Peneliti melakukan screening dengan cara menentukan kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis Seleksi Studi menggunakan diagram alur Review Jurnal.

Hasil: Dari 12 artikel diperoleh Efek mengontrol tekanan darah rutin memeriksakan tekanan darah pada penderita hipertensi terdapat 3 artikel menyatakan tekanan darahnya dapat mempertahankan dan menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi. 2 artikel menyatakan efekĀ  mengontrol tekanan darah tidak rutin memeriksakan tekanan darah pada penderita hipertensi tidak efektif menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi. 1 artikel yang menyatakan efek mengontrol rutin tekanan darahtidak dapat menurunkan tekanan darah atau tekanan darah tetap meningkat pada pasien hipertensi. 1 artikel menyatakan secara seimbang sebagian respondennya mengontrol tekanan darah rutin dan tidak rutin pada pasien hipertensi tidak efektif dan adekuat untuk menurunkan tekanan darah. Frekuensi rata-rata mengontrol tekanan darah pasien hipertensiĀ  bahwasanya frekuensi mengontrol tekanan darah pada pasien hipertensi. kembali kontrol berobat ke puskesmas disetiap bulannya, dan mengukur tekanan darah mereka setidaknya sekali seminggu.

Manfaat: Hal ini merupakan upaya peneliti untuk menerapkan konsep-konsep ilmiah yang berkaitan dengan hubungan antara control tekanan darah dan pembacaan tekanan darah pada pasien hipertensi, dan dijadikan sebagai referensi atau perbandingan untuk penelitian yang terkaitdengan fenomena atau variabel yang sama

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-25