Pengaruh Religiusitas dengan Kecendrungan Perilaku Cybersex pada Remaja : Literature Review

  • Nada Adilah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Yuliani Winarti
Keywords: religiusitas, cybersex, remaja

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh religiusitas dengan kecendrungan perilaku cybersex pada remaja.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode tinjauan pustaka atau literature review dimana artikel yang didapat dalam penelitian ini berasal dari hasil kajian yang telah dilakukan dengan metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-analysis), metode ini dilakukan secara sistematis dengan mengikuti tahapan protokol penelitian yang benar.

Hasil: Hasil 21 literature review yang dianalisis menemukan bahwa religiusitas memiliki hubungan dengan perilaku cybersex pada remaja. Hasil korelasi negatif ditemukan pada beberapa literature yang di review memiliki hubungan yang berlawanan, hal ini dapat dikatakan semakin tinggi religiusitas maka semakin rendah perilaku cybersex, begitupun sebaliknya. Tidak semua remaja berada dalam kategori religiusitas rendah dan kategori perilaku cybersex yang tinggi atau sebaliknya. Menurut peneliti hal ini menyimpulkan bahwa religiusitas tidak sepenuhnya mempengaruhi perilaku cybersex yang dilakukan oleh remaja dan masih terdapat faktor lain yang perlu diteliti lebih jauh.

Manfaat: Manfaat dari penelitian ini ialah diharapkan mampu memberikan informasi baru mengenai pengaruh religiusitas dengan kecendrungan perilaku cybersex pada remaja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-13
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>