Faktor pendukung minat Siswa mengikuti Ekstrakurikuler Tapak Suci

Authors

  • Yuli Sugiantini Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Galih Priyambada

Keywords:

Orang Tua, Kondisi Lingkungan, Minat Siswa, Ekstrakurikuler Tapak Suci

Abstract

Tujuan studi: Studi ini bertujuan:(1) guna mengenali ikatan dukungan orang tua dengan minat siswa mengikuti ekstrakurikuler tapak suci di SMP Muhammadiyah 5 Samarinda.(2) guna mengenali ikatan keadaan area dengan minat siswa mengikuti ekstrakurikuler tapak suci di SMP Muhammadiyah 5 Samarinda.(3) guna mengenali ikatan dukungan orang tua serta keadaan area dengan minat siswa mengikuti ekstrakurikuler tapak suci di SMP Muhammadiyah Samarinda.

Metodologi: Desain studi ini dengan pendekatan kuantitatif memakai desain korelasional. Populasi dalam studi ini ialah siswa SMP Muhammadiyah 5 Samarinda yang mengikuti ekstrakurikuler tapak suci yang berjumlah 165 siswa, dengan memakai metode purposive sampling dengan keriteria 30 siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah 5 Samarinda. Instrumen yang digunakan merupakan kuesioner. Analisis data memakai analisis regresi simpel serta berganda dengan taraf signifikan 0, 05.

Hasil: Hasil studi ini membuktikan jika:(1) tidak ada ikatan korelasi antara dukungan orang tua dengan minat siswa menjejakii ekstrakurikuler tapak suci dengan hasil koefisien korelasi 0, 201>0, 05.(2) ada jalinan signifikan antara keadaan area dengan minat siswa mengikuti ekstrakurikuler tapak suci dengan hasil koefisien korelasi 0, 001<0, 05.( 3) terdapat hubungan antara dukungan orang tua serta keadaan area dengan minat siswa mengikuti ekstrakurikuler tapak suci dengan hasil uji F membuktikan Fhitung= 6, 446 lebih besar dari Ftabel dengan taraf signifikan 0,05= 3,34.

Manfaat: studi ini membagikan kemajuan terhadap spport orang tua terhadap atensi siswa sehingga ekstrakurikuler tapak suci bisa melahirkan atlet yang berbakat serta berprestasi dan didukung dengan keadaan area pada dikala berlatih yang baik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Pendidikan Olahraga