Tingkat motivasi berprestasi Siswa peserta Ekstrakurikuler Tapak Suci saat New Normal

Authors

  • Alfina Patna Astuti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Galih Priyambada

Keywords:

Motivasi, Prestasi, Ekstrakurikuler, Tapak Suci, New Normal

Abstract

Tujuan studi:Untuk mengetahui tingkat motivasi berlatih siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tapak suci di SMP Muhammadiyah 5 Samarinda saat new normal.

Metodologi:Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif. Populasi adalah 165 siswa, dan sampel berjumlah 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel purvosive sampling.Instrumen dalam pnelitian ini mengunakan kuesioner.Teknik analisis data dengankategori, kriteria, dan persentase data.

Hasil:Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata motivasi siswa peserta ekstrakurikuler tapak suci pada kategori cukup dengan jumlah 13 peserta atau 43,33%. Motivasi intrinsik siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tapak suci dengan jumlah 14 peserta atau 46,67%.  Motivasi ekstrinsik siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tapak suci dengan jumlah dengan 13 peserta atau 43,33%. Motivasi prestasi siswa belum bisa dikatakan sangat baik dikarnakan faktor internal dan eksternal, hal ini dikarnakan belum maksimalnya latihan siswa saat new normal.

Manfaat: Manfaat hasil penelitian secara teoris, untuk mengetahui tingkat motivasi siswa saat mengikuti ekstrakurikuler, untuk meningkatkan motivasi berlatih siswasaat new normal,untukmengetahuikesulitan berlatih siswa saat mengikuti ekstrakurikuler.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Pendidikan Olahraga