Evaluasi Program Latihan Ekstrakurikuler Tapak Suci

Authors

  • Siti Nur Suhada Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Galih Priyambada

Keywords:

Evaluasi, Program Latihan, Ekstrakurikuler, Tapak Suci

Abstract

Tujuan studi:Penelitian Ini bertujuan untuk mengevaluasi program latihan ekstrakurikuler Tapak SuciSMP Muhammadiyah 5 Samarinda dalam meningkatkan prestasi sebagai acuan program latihan dalam potensi prestasi.

Metodologi:Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan Model evaluasi CIPP(Context, Input, Process, Product)Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan sumber data dengan cara mendeskripsikan hasil Evaluasi Program Latihan Ekstrakurikuler Tapak Suci.

Hasil:1) Program latihan belum dibuat oleh pelatih selama melaksanan ekstrakurikuler.2) Kompetensi sumber daya manusia dalam program latihan sudah cukup baik yang meliputi ketentuan open rekrutmen, mutu, kinerja, kesesuaian jumlah pelatih, penilaian kinerja dan hak kewajiban pelatih ekstrakurikuler Tapak Suci. 3) Secara umum kondisi lingkungan sudah baik dan hubungan komunikasi antara pelatih, peserta dan pihak sekolah sudah cukup baik. 4) Pelaksanaan terhadap kelayakan sarana dan prasarana menunjukkan bahwa untuk keseluruhan sarana dan prasarana dalam taraf yang baik, layak digunakan dan lengkap mulai dari lapangan, hingga peralatan latihan. 5) Keterampilan umum dan khusus di lapangan untuk melaksanakan program latihan berjalan dengan baik. Capaian prestasi ekstrakurikuleryang didapatkan hanya sampai tingkat Kota.

Manfaat:Penelitian ini dapat diharapkan menambah wawasanilmu pengetahuan dunia Ekstrakurikuler Tapak Suci terkhusus dalampembinamengevaluasi program latihan ekstrakurikuler Tapak Suci mengembangkan bakat peserta ekstrakurikuler SMP Muhammadiyah 5 Samarinda untuk mencapai tujuan yang baik dan berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Pendidikan Olahraga