Kontrasepsi adalah alat yang apa Pengaruh Sebaya Terhadap Pemakaian Kontrasepsi pada Pekerja Tempat Hiburan Malam (THM) di Wilayah Kerja PUSKESMAS Harapan Baru

Pengaruh Sebaya Terhadap Pemakaian Kontrasepsi pada Pekerja Tempat Hiburan Malam (THM) di Wilayah Kerja PUSKESMAS Harapan Baru

Authors

  • Devy Puji Nur Rahayu Universitas Muhammadiyah Kalimatan Timur
  • Niken Agus Tianingrum

Keywords:

Pengaruh Sebaya Pekerja Tempat Hiburan Malam (THM), Pemakaian Kontrasepsi

Abstract

Tujuan  Studi : dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh sebaya terhadap Pemakaian kontrasepsi pada pekerja Tempat Hiburan Malam (THM), instrumen yang digunakan yaitu kuesioner yang tervalidasi.

Metodelogi Penelitian : penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional, populasinya adalah seluruh wanita pekerja tempat hiburan malam (THM), menggunakan teknik total sampling. Data dianalisis dengan menggunakan Spearman rho.

Hasil penelitian : menunjukkan sebanyak 97.5% pekerja menggunakan kontrasepsi, namun tidak ada hubungan antara pengaruh sebaya terhadap pemakaian kontrasepsi pada pekerja THM di wilayah Puskesmas Harapan Baru Samarinda (p value=0,732).

Manfaat:  Penelitian selanjutnya diharapkan  menganalisis faktor lain yang dianggap menjadi penguat penggunaan kontrasepsi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-13

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>