HUBUNGAN KEPATUHAN DIET DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JUANDA SAMARINDA

Authors

  • Siti Khoiroh M Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Kepatuhan diet, Kualitas Hidup, Diabetes Mellitus Tipe II

Abstract

Latar Belakang : Diabetes mellitus merupakan penyakit degeneratif yang dapat mempengaruhi kualitas hidup penderita. Oleh karena itu, tujuan umum pengobatan pada diabetes mellitus adalah pengendalian kadar gula darah dan meningkatkan kualitas hidup penderita, salah satu caranya dengan pengaturan diet.

Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  hubungan antara kepatuhan diet dengan kualitas hidup pasien diabetes mellitus tipe II di Puskesmas Juanda Samarinda.

Metode : Desain yang digunakan adalah deskriptif korerasional dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien diabetes mellitus tipe II yang berobat di Puskesmas Juanda Samarinda. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Nonprobability sampling dengan purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 70 responden. Analisa data yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Chi Square dengan tingkat kemaknaan 0.05.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kepatuhan diet dengan kualitas hidup pasien diabetes mellitus tipe II di wilayah kerja Puskesmas Juanda Samarinda denagn nilai p value kepatuhan diet dan kualitas hidup 0.017.

Kesimpulan : Kepatuhan diet mempunyai peran yang sangat besar dalam pembentukan perilaku pasien diabetes mellitus dalam menjalankan diet. Kepatuhan diet yang di jalankan oleh pasien diabetes mellitus merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup pasien diabetes mellitus tipe II.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-09