HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DIET PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS PAYUNG SEKAKI PEKANBARU TAHUN 2017

Authors

  • Yureya Nita Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Payung Negeri Pekanbaru

Keywords:

Hipertensi, Kepatuhan Diet, Dukungan Keluarga

Abstract

Latar Belakang : Salah satu masalah kesehatan yang sangat serius saat ini adalah hipertensi yang disebut sebagai the silent killer. Peningkatan tekanan darah yang berlangsung dalam jangka waktu lama (persisten) dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal (gagal ginjal), jantung (penyakit jantung koroner), dan otak (menyebabkan stroke) bila tidak dideteksi secara dini dan mendapat pengobatan yang memadai, maka akan menyebabkan kematian. Kepatuhan menjalankan diet merupakan salah satu cara untuk menurunkan hipertensi sehingga dapat mengatasi dan mencegah hipertensi dan komplikasinya.

Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pasien hipertensi di Puskesmas Payung Sekaki Pekanbaru. Metode : Metode penelitian ini adalah jenis kuantitatif dengan pendekatan studi kolerasi. Populasinya yaitu seluruh pasien hipertensi yang berkunjung di puskesmas payung sekaki Pekanbaru sebanyak 102 orang dengan jumlah sampel dari sebanyak 81 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accydental sampling.

Hasil : Berdasarkan hasil uji statistik dengan chi squaretest, maka diperoleh nilai p-value adalah 0,002 (p<0,05), yang berarti bahwa ada hubungan dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet pasien hipertensi di Puskesmas Payung Sekaki Pekanbaru Tahun 2017.

Kesimpulan : pasien yang mendapatkan dukungan dengan baik dari keluarganya cenderung lebih mudah patuh dalam melakukan diet hipertensinya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-09