The Effecet Of Using Youtube Application Towards Social Emotional Developmentvment Of Chlidren Aged 5-6 Years

Authors

  • Umi Hanik Fetriyah Universitas Sari Mulia
  • Olvia Putri Pebriana Nursing/Sari Mulia University Banjarmasin, Indonesia
  • Rifa'atul Mahmudah Nursing/Sari Mulia University Banjarmasin, Indonesia
  • Onieqie Ayu Nursing/Sari Mulia University Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30650/jik.v13i1.4054

Keywords:

Usia , children, Perkembangan Sosial Emosional, Youtube

Abstract

Abstrak: Perkembangan emosional sosial adalah kemampuan anak untuk beradaptasi dengan melibatkan emosi, perilaku, dan
pikiran. Anak yang mengalami gangguan sosial emosional mengalami kesulitan berinteraksi, mengganggu
prestasi, dan tidak berperilaku baik secara sosial. Faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional adalah
penggunaan aplikasi YouTube. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi YouTube terhadap perkembangan sosial
emosional anak usia 5-6 tahun. Metode Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross
sectional. Sampel terdiri dari 39 responden, menggunakan teknik simple random sampling
proporsional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang valid dan dapat diandalkan. Analisis data menggunakan uji Univariat
dan Spearman's rho (α < 0,05) Hasil mayoritas anak menggunakan YouTube selama 60 menit dengan nilai rata-rata
98,55. Perkembangan sosial emosional anak dengan nilai rata-rata 71,03. Uji
korelasi rho Spearman nilai r 0,05 Koefisien Korelasi -,445. Uji regresi linier sederhana dengan nilai
p <0,001 dengan nilai konstan -0,036. Uji Termination dengan hasil 0,230. Ada efek penggunaan aplikasi
YouTube terhadap perkembangan sosial emosional anak sebesar 23%. Dengan menambahkan 1% penggunaan
aplikasi YouTube, emosionalitas sosial anak akan menurun sebesar -0,036. Disarankan bagi
orang tua untuk membatasi penggunaan YouTube (Screen Time) hingga 60 menit/hari

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Nursing and Medical Health