EVALUASI MUTU FISIK SEDIAAN PULVERES PADA PUSKESMAS DI KOTA BALIKPAPAN

Authors

  • Husnul Warnida Akademi Farmasi Samarinda
  • Yullia Sukawaty Akademi Farmasi Samarinda

Keywords:

pulveres, mutu fisik pulveres, Puskesmas, Balikpapan

Abstract

Puskesmas merupakan pelayanan kesehatan tingkat pertama masih menggunakan pulveres sebagai obat untuk anak. Pulveres adalah sediaan serbuk terbagi dalam bobot dan dosis yang sama. Pembuatan pulveres sering terjadi variasi dalam bobot dan kehomogenan yang berpengaruh pada ketepatan dosis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui mutu fisik sediaan pulveres di Puskesmas Kota Balikpapan yang sesuai dengan persyaratan yang tercantum dalam Farmakope Indonesia Edisi III.

Teknik pengambilan sampel adalah metode cluster sampling. Sampel diambil dari 15 Puskesmas. Hasil penelitian menunjukkan dari 15 Puskesmas yang  diperoleh hasil bahwa 2 Puskesmas yang melakukan pelayanan membuat pulveres pada pagi hari memenuhi keseragaman bobot dan 4 Puskesmas yang melayani pada siang hari dalam membuat pulveres memenuhi syarat keseragaman bobot. Penetapan ukuran partikel serbuk dan derajat halus serbuk diperoleh 1 Puskesmas dimana pulvers yang dihasilkan termasuk dalam kategori serbuk kasar, dan 14 Puskesmas dimana pulvers yang diracik termasuk kategori serbuk agak kasar.  Uji homogenitas serbuk dari semua Puskesmas menghasilkan pulveres yang tidak homogen.

Dari hasil penelitian bahwa semua sampel sediaan pulveres di 15 puskesmas kota Balikpapan tidak memenuhi persyaratan Farmakope Indonesia Edisi III.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-09