Hubungan Sikap Kerja dengan Kejadian Kelelahan Kerja pada Petugas Pemadam Kebakaran di Kota Samarinda

  • Mayang Kumala Sari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Kresna Febriyanto
Keywords: Sikap Kerja, Kelelahan Kerja, Petugas Pemadam Kebakaran

Abstract

Tujuan Studi: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan sikap kerja dengan kejadian kelelahan kerja pada petugas pemadam kebakaran di Kota Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 129 responden yang dipilih menggunakan accidental random sampling. Variabel independen yang diteliti yakni Sikap kerja, sedangkan variabel Dependen yang diteliti yakni Kelelahan kerja. Teknik analisa data menggunakan analisis Univariat dan Bivariat dengan Uji Chi Square.

Hasil: Hasil penelitian dengan uji Chi Square didapatkan bahwa nilai Pvalue 0,126 >  0,05. Kesimpulan dari penelitian ini tidak ada hubungan antara sikap kerja dengan kelelahan kerja pada petugas pemadam kebakaran di Kota Samarinda.

Manfaat: Penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan agar petugas selalu melakukan peregangan otot setiap hari dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala agar supaya petugas terhindar dari gejala kelelahan yang berlebihan sehingga dapat berpengaruh pada produktivitas kerja yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)