Pengaruh Slow Stroke Back Massage (SSBM) terhadap Tekanan Darah pada Penderita Diabetes Melitus tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Kota Samarinda

  • Adenovia Intan Sari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Thomas Ari Wibowo Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Slow Stroke Back Massage, Hipertensi, Diabetes Melitus tipe 2

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pemberian terapi Slow Stroke Back Massage terhadap tekanan darah penderita diabetes melitus tipe 2.

Metodologi: Ini adalah penelitian kuantitatif pre-experimental; one group pretest-posttest design. Sampel sejumlah 12 orang penderita DM tipe 2 dengan hipertensi dipilih menggunakan teknik judgement sampling. Dilaksanakan uji hipotesis Paired Sample T-test untuk menganalisis data hasil pengukuran yang telah didapatkan dengan menggunakan software SPSS v.22 untuk mengetahui pengaruh dari SSBM terhadap tekanan darah responden.

Hasil: Analisis hasil uji membuktikan ada pengaruh dari SSBM terhadap tekanan darah responden. Hal ini dibuktikan oleh hasil uji hipotesis tekanan sistolik sebelum dan setelah SSBM memiliki p-value = .0001. Selanjutnya, hasil uji hipotesis tekanan diastolik sebelum dan setelah SSBM juga memiliki p-value = .0001. Karena kedua hasil memiliki p-value < α = 0.05, maka kesimpulannya ada pengaruh yang bermakna dari SSBM terhadap tekanan darah penderita DM tipe 2 di wilayah kerja Puskesmas Juanda Kota Samarinda.

Manfaat: Slow Stroke Back Massage dapat menjadi alternatif penatalaksanaan non-farmakologi khususnya dalam bidang terapi komplementer pada penderita diabetes melitus tipe 2 dengan komplikasi hipertensi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24