Pengaruh Slow Stroke Back Massage (SSBM) Terhadap Depresi Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Kota Samarinda

  • Rizky Pratama Putri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Thomas Ari Wibowo Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Slow Stroke Back Massage, Depresi, Diabetes Melitus tipe 2

Abstract

Tujuan Studi: Untuk  menjelaskan dan mengetahui  adanya pengaruh dari pemberian terapi SSBM terhadap depresi pada penderita Diabetes Melitus Tipe 2.

Metodologi: Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest design dengan jumlah sampel 12 responden penderita diabetes melitus tipe 2 dengan depresi. Menggunakan kuesioner BDI-II sebagai alat ukur mengumpulkan data dan data akan diolah menggunakan uji statistik Wilcoxon Rank Test.

Hasil: Hasil uji analisis diperoleh P-Value 0.008 < α 0.05 Sehingga disimpulkan H0 ditolak dan adanya Pengaruh Slow Stroke  Back Massage (SSBM) Terhadap Depresi pada Penderita Diabetes Melitus tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Kota Samarinda.

Manfaat: Manfaat penelitian ini yakni dapat memberikan wawasan dan pengalaman  bagi peneliti, responden, puskesmas, bagi universitas, masyarakat dan peneliti selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24