Literature Review : Pengaruh Slow Stroke Back Massage terhadap Kecemasan

  • Suci Ariyani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Thomas Ari Wibowo Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: SLOW STROKE BACK MASSAGE, KECEMASAN

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh Slow Stroke Back Massage terhadap Kecemasan pasien dengan berbagai literature yang didapatkan.

Metodologi: Metode yang digunakan adalah Literature Review dengan database pencarian seperti Google Scholar, Sage, Science Direct, dan Pubmed, Jurnal yang digunakan ada 15 terdiridari 6 jurnal Nasional dan 9 Internasional yang sesuai dengan Kriteria Inklusi dan total responden yang di dapat sebanyak 1.552.

Hasil: Hasil dari pembahasan analisis Literature Review bahwa 14 dari jurnal mengatakan ada pengaruh yang signifikan antara Slow Stroke Back Massage dalam penurunan kecemasan, dan terdapat 1 jurnal yang mengatakan tidak terdapat pengaruh yang berarti antara Slow Stroke Back Massage dengan Kecemasan.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan agar para nakes dirumah sakit dapat menerapkan terapi nonfarmakologi SSBM dengan baik bahkan dapat mnegajarkan kembali kepada keluarga pasien sehingga dapat mengurangi kecemasan secara mandiri tanpa adanya penggunaan obat tambahan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-12