Pengaruh Slow Stroke Back Massage (SSBM) terhadap Kecemasan pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Kota Samarinda

  • Sartika Wulandari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Thomas Ari Wibowo Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Slow Stroke Back Massage (SSBM), Kecemasan, Diabetes Melitus Tipe 2

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengidentifikasi karakteristik dan perubahan tingkat kecemasan sebelum dan sesudah tindakan SSBM pada penderita diabetes mellitus tipe 2 di wilayah kerja Puskesmas Juanda Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental dengan desain yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest design. Teknik sampling untuk pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dan penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner DASS-Anxiety.

Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh Slow Stroke Back Massage (SSBM) terhadap kecemasan responden. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik Paired Sample T-test p-value 0.000 (p-value < 0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak artinya adanya pengaruh yang bermakna dari Slow Stroke Back Massage (SSBM) terhadap kecemasan pada penderita diabetes melitus tipe 2 di wilayah kerja Puskesmas Juanda Samarinda.

Manfaat: Pijatan akan mengurangi emosi, mengurangi perasaan gugup, dan menjadi salah satu terapi komplementer yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa cemas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24