Literature Review : Pengaruh Terapi Range Of Motion (ROM) terhadap Kemandirian Lansia dalam Melakukan ADL di Panti Werdha

  • Julita Pratiwi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Faried Rahman Hidayat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Lansia, Kemandirian, Range of Motion (ROM), Activity Daily Living (ADL), Panti Werdha

Abstract

Tujuan studi: Untuk menganalisa literatur tentang Pengaruh Terapi Range of motion (ROM) Terhadap Kemandirian Lansia Dalam Melakukan ADL di Panti Werdha.

Metodologi: Desain Literature Review, jurnal 5 tahun terakhir dari beberapa database, antara lain GoogleScholar, JKI, JSM, Oxford, Elsevier, ResearchGate, PubMed dengan keywordRange of motion/ ROM”, “Elderly/ Lansia”, “Independence/ Kemandirian”, ”physical activity/ aktivitas fisik”, “nursing. home/ panti jompo”, “activities of daily living/ aktivitas sehari-hari”.

Hasil: Hasil dari analisis literature review membuktikan adanya pengaruh latihan ROM terhadap kemandirian lansia dalam melakukan ADL. Dan beberapa rekomendasi latihan untuk meningkatkan kemandirian antara lain latihan kekuatan, latihan aerobik, latihan ROM, dan latihan keseimbangan.

Manfaat: Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai literatur penelitian selanjutnya dan menjadi rekomendasi latihan untuk meningkatkan kemandirian lansia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24