Efektifitas Air Rebusan Daun Sirsak terhadap Kadar Asam Urat Pada Lansia di Posyandu Lansia Jonggon Jaya Kutai Kartanegara

Authors

  • siti aysah siti aysah
  • Faried Rahman Hidayat

Keywords:

Daun Sirsak, Asam Urat, Lansia

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui efektifitas pemberian air rebusan daun sirsak terhadap kadar asam urat pada lansia di posyandu lansia jonggon jaya kutai kartanegara.

Metode : Penelitian ini menggunakan kuantitatif yaitu kuasi ekperimen dengan desain Pre-test Post-test with control group design. Dan pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan alat GCU yang baru.

Hasil : Dari 30 responden sebanyak 15 orang kelompok intervensi yang di berikan rebusan daun sirsa, sebanyak 13 orang mengalami penurunan kadar asam urat, sedangkan 15 kelompok kontrol yang tidak diberikan rebusan air daun sirsak tidak mengalami penurunan kadar asam urat. Hasil uji statistik di peroleh nilai p 0,000 lebih kecil dari < 0,05 sehinga dapat di nyatakan bahwa H0 di tolak dan HA di trima yang dapat di katakana terdapat pengaruh rebusan daun sirsak terhadap penurunan kadar asam urat pada lansia.

Manfaat : dari pemberian rebusan daun sirsak kepada lansia penderita asam urat di posiandu lansia Jonggon Jaya Kutai Kartanegara memberikan manfaat dalam penurunan kadar asam urat pada lansia

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-25

Most read articles by the same author(s)

> >>