Literature Review Pengaruh Kegiatan Senam Lansia terhadap Tingkat Kemandirian Lansia dalam Melakukan Activity Of Daily Living (ADL) di Panti Werdha

  • Anika Pramesti Regita Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Faried Rahman Hidayat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Senam Lansia, Kemampuan aktivitas, Activities Daily Living

Abstract

Tujuan Studi: Mengidentifikasi dari artikel mencakup aspek metode dalam intervensi senam lansia dan efektivitas dalam meningkatkan kemampuan lansia (lanjut usia) melakukan aktivitas sehari-hari.

Metodologi : Pencarian artikel dilakukan dari database jurnal penelitian melalui search engie dengan mencantumkan kata kunci dalam periode 2010 sampai 2020 dari artikel yang dicari melalui Google Schoolar, PubMed, Proquest dan Ebsco.

Hasil : Hasil pencarian yang diperoleh 47 jumlah artikel dan sebanyak 12 artikel yang memenuhi kriteria inklusi sebagai artikel yang dianalisis. Penilaian artikel dengan program keterampilan penilaian kritis (CASP) untuk systematic literature review. Hasil dari tinjauan sistematik menunjukkan bahwa intervensi dari senam lansia bervariasi dalam hal metode. Metode intervensi senam lansia terdiri dari mulai tahapan pemanasan, dilanjutkan dengan gerakan inti dan terakhir dilakukan tahapan pendinginan. Dengan pelaksanaan yang bervariasi dan modifikasi latihan untuk mengukur korelasi intervensi dan efektivitasnya.

Manfaat: Untuk memberikan tujuan dasar bagi para peneliti lain dalam melakukan penelitian lain yang sejenis dalam meningkatkan kemampuan kemandirian lansia dalam melakukan Activity Of Daily Living (ADL).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24