Hubungan Gaya Kepemimpinan terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Long Ikis

  • Ery Murnisiah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Enok Sureskiarti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Gaya kepemimpinan, Transformasional, Transaksional, Mutu Pelayanan, Puskesmas

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan terhadap mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Long Ikis.

Metodologi:Penelitian ini menggunakan rancangan metode kuantitatif dengan menggunakan desain descriptive correlation melalui pendekatan cross sectional. Jumlah sampel menggunakan teknik Total sampling berjumlah 35 responden. Instrument yang dipakai pada penelitian ini menggunakan kuesioner gaya kepemimpinan dan mutu pelayanan kesehatan. Pengukuran gaya kepemimpinan menggunakan kuesioner Multifactor Leadership Questionnaire(MLQ) yang dimodifikasi dan mutu pelayanan kesehatan menggunakan kuesioner dari dimensi Service quality (SerQual). Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data, editing, pemberian kode, tabulasi dan penyajian.

Hasil :Hasil penelitian yang menggunakan analisisPearson Correlation menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan Transformasional (X1) terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan(Y) di Puskesmas Long Ikis dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,000(<0,05) dan tidak ada hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan Transaksional (X2) terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan (Y) di Puskesmas Long Ikis dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,128 (> 0,05).

Manfaat :Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi adanya hubungan gaya kepemimpinan  terhadap mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Long Ikis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24