Hubungan Beban Kerja Fisik Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Long Ikis

Authors

  • Rainaldy Sanjaya Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Enok Sureskiarti

Keywords:

Beban kerja Fisik, Perawat, Mutu Pelayanan

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada Hubungan Beban Kerja Fisik Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Long Ikis.

Metodologi: Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif correlation. Pengambilan sampling dalam penelitian ini sendiri menggunakan metode total sampling dengan jumlah sampel 35 perawat dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner.

Hasil: Didapatkan hasil berdasarkan umur sebagian besar responden berusia  26-35 tahun sebanyak 22 orang (62,9%). Berdasarkan jenis kelamin mayoritas berjenis kelamin perempuan sebanyak 25 orang (71,4%). Berdasarkan pendidikan yaitu responden dengan pendidikan sebagian besar lulusan D3 Keperawatan sebanyak 23 orang (65,7%). Berdasarkan status kepergawaian yaitu sebagian besar perawat honor sebanyak 25 orang (71,4%). Untuk hasil berdasarkan lama kerja seluruh perawat Puskesmas Long Ikis sebanyak 35 orang (100%) bekerja lebih dari 3 tahun. Kemudian sebagian besar perawat memiliki beban kerja ringan sebanyak 22 orang (62,9%) dan sebagian besar tinggi sebanyak 19 orang (54,3%) . Berdasarkan hasil uji statistik dengan nilai p=0,458 yang berarti p<α (0,05), dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan beban kerja perawat teradap mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Long Ikis

Manfaat: Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi adanya Hubungan Beban Kerja Fisik Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskemas Long Ikis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-27

Most read articles by the same author(s)

> >>