Hubungan Beban Kerja Fisik Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Long Ikis

  • Rainaldy Sanjaya Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Enok Sureskiarti
Keywords: Beban kerja Fisik, Perawat, Mutu Pelayanan

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada Hubungan Beban Kerja Fisik Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Long Ikis.

Metodologi: Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif correlation. Pengambilan sampling dalam penelitian ini sendiri menggunakan metode total sampling dengan jumlah sampel 35 perawat dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner.

Hasil: Didapatkan hasil berdasarkan umur sebagian besar responden berusia  26-35 tahun sebanyak 22 orang (62,9%). Berdasarkan jenis kelamin mayoritas berjenis kelamin perempuan sebanyak 25 orang (71,4%). Berdasarkan pendidikan yaitu responden dengan pendidikan sebagian besar lulusan D3 Keperawatan sebanyak 23 orang (65,7%). Berdasarkan status kepergawaian yaitu sebagian besar perawat honor sebanyak 25 orang (71,4%). Untuk hasil berdasarkan lama kerja seluruh perawat Puskesmas Long Ikis sebanyak 35 orang (100%) bekerja lebih dari 3 tahun. Kemudian sebagian besar perawat memiliki beban kerja ringan sebanyak 22 orang (62,9%) dan sebagian besar tinggi sebanyak 19 orang (54,3%) . Berdasarkan hasil uji statistik dengan nilai p=0,458 yang berarti p<α (0,05), dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan beban kerja perawat teradap mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Long Ikis

Manfaat: Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi adanya Hubungan Beban Kerja Fisik Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskemas Long Ikis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27

Most read articles by the same author(s)