Hubungan Kinerja Perawat dalam Melakukan Asuhan Keperawatan terhadap Bukti Fisik Mutu Pelayanan Keperawatan

Authors

  • Aditya Septiadinata Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Enok Sureskiarti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Kinerja perawat, Bukti fisik, Mutu pelayanan keperawatan

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kinerja perawat dalam melakukan asuhan keperawatan terhadap bukti fisik mutu pelayanan keperawatan di RSIA Qurrata A’yun Samarinda.

Metodologi: Penelitian yang digunakan berjenis penelitian deskriptif korelasi dengan rancangan survei cross sectional. Sampel pada penelitian yaitu pasien rawat inap di RSIA Qurrata A’yun Samarinda sejumlah 62 responden yang sesuai kriteria inklusi dan eksklusi, sampel diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan  kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan analisa univariat untuk mengetahui distribusi frekuensi, dan analisa bivariat melalui uji Somers’d untuk menguji hipotesis. Analisis menggunakan aplikasi SPSS version 22 for windows.

Hasil: Hasil analisis uji Somers’d yaitu p-value 0,001 < α 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima dan nilai korelasi yaitu 0,349 yang berarti terjadi korelasi yang rendah.

Manfaat: Sebagai media informasi dan bahan pembinaan kinerja perawat dalam melakukan asuhan keperawatan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan keperawatan sehingga dapat tercapai tingkat kepuasan pasien yang setinggi-tingginya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-24

Most read articles by the same author(s)

> >>