Hubungan antara Motivasi dan Dukungan Keluarga dengan Kunjungan Lansia ke Posyandu Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Sempaja Samarinda

Authors

  • Eksa Hentin Sekarningrum Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ramdhany Ismahmudi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Motivasi, dukungan keluarga, kunjungan lansia

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan dukungan keluarga dengan kunjungan lansia ke posyandu lansia di wilayah kerja puskesmas sempaja samarinda.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasionaldengan menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah responden sebanyak 146 lansia. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner motivasi dan dukungan keluarga.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian dari 146 responden di dapatkan data lansia dengan motivasi baik sebanyak 41 orang (28,1%) dan motivasi kurang sebanyak 105 orang (71,9%). Sedangkan lansia dengan dukungan keluarga baik sebanyak 79 orang (54,1%) dan dukungan keluarga kurang sebanyak 67 orang (45,9%). Serta di dapatkan nilai p-value yaitu pada motivasi 0,242 > 0.05 dan dukungan lansia 0,007 < 0,05.

Manfaat: Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sumber informasi untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan dukungan keluarga dengan kunjungan lansia ke posyandu lansia di wilayah kerja Puskesmas Sempaja Samarinda.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-24