Hubungan antara Dukungan Keluarga dan Pelayanan Tenaga Kesehatan dengan Kunjungan Lansia ke Posyandu Lansia di Wilayah Puskesmas Sempaja

  • Sefti Yollanda Uli Pandiangan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ramdhany Ismahmudi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Dukungan Keluarga, Pelayanan Tenaga Kesehatan, Kunjungan Lansia

Abstract

Tujuan studi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dan pelayanan tenaga kesehatan dengan kunjungan lansia ke Posyandu lansia di Puskesmas Sempaja..

Metodologi : Desain yang di gunakan untuk penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan teknik Non Probability Sampling dengan menggunakan Purposive Sampling berjumlah 146 responden. Dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner dukungan keluarga dan pelayanan tenaga kesehatan. Analisis data menggunakan univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi square.

Hasil :Berdasarkan data diperoleh pada saat penelitian dari 146 (100%) responden dukungan keluarga terbanyak adalah baik dengan 79 (54,1%). Pelayanan tenaga kesehatan terbanyak adalah kurang dengan 94 (64,4%). kunjungan lansia terbanyak adalah aktif dengan 85 (58,2%). Hasil uji Chi square menunjukan pada dukungan keluarga dengan kunjungan lansia nilai p value 0.007<0,05 dan pada pelayanan tenaga kesehatan dengan kunjungan lansia nilai p value 0.545>0,05.

Manfaat : Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi adanya Hubungan antara Dukungan Keluarga dan Pelayanan Tenaga Kesehatan dengan Kunjungan Lansia ke Posyandu Lansia di Wilayah Puskesmas Sempaja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24