Hubungan antara Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan dengan Kunjungan Lansia ke Posyandu Lansia di Puskesmas Sempaja

Authors

  • Norma Norma UMKT
  • Ramdhany Ismahmudi

Keywords:

Tingkat Pendidikan, Pengetahuan, Kunjungan Lasia

Abstract

Tujuan studi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan pengetahuan dengan kunjungan lansia ke Posyandu lansia di puskesmas sempaja..

Metodologi : Desain yang di gunakan untuk penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 146 responden. Dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan dan pendidikan menggunakan data demografi. Analisis data menngunakan univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi Squer.

Hasil : Berdasarkan data diperoleh pada saat penelitian dari 146 (100%) responden tingkat pendidikan terbanyak adalah kurang dengan 75 (51,4%). Pengetahuan terbanyak adalah kurang dengan 128 (87,7%). kunjungan lansia terbanyak adalah aktif dengan 85 (58,2%). Hasil uji Chi Squer menunjukan pada tingkat pendidikan dengan kunjungan lansia nilai p valeu 0.371<0,05 dan pada pengetahuan dengan kunjungan lansia nilai p valeu 0.00>0,05.

Manfaat : Hasil peneitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi adanya Hubungan antara Tingkat Pendidikan dan Pengetahuandengan Kunjungan Lansia ke Ponsyandu Lansia di Wilayah Puskesmas Sempaja

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06