Hubungan Dukungan Keluarga dengan Perilaku Penggunaan Alat Kontrasepsi (KB) di Puskesmas Samarinda Kota

  • Marisa Salsabella Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Pipit Feriani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Alat Kontrasepsi, Dukungan Keluarga, Perilaku

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan perilaku penggunaan alat kontrasepsi (KB) di Puskesmas Samarinda Kota.

Metodologi: Desain Penelitian ini adalah analitik korelational dengan pendekatan cross sectional.Pengambilan sampel menggunakan Teknik Purposive Sampling, sampel penelitian sebanyak 384 orang. Data didapat menggunakan kuesioner. Uji dalam analisis bivariat adalah ujikorelasi rank spearman, dan untuk uji normalitas adalah uji Kolmogorv-smirnov dan uji Skewness dan kurtosis.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian didapatkan dukungan keluarga mendukung sebanyak 224 (58,3%) responden,dan yang tidak mendukung sebanyak160 (41,7%) responden. Penelitian menunjukan dari 384 orang, perilakubaik sebanyak226 (58,9%) responden, perilaku kurang baik sebanyak 158 (41,1%) responden. Dari hasil bivariate p-value 0,017 < α 0,05 dengan koefisien korelasi - 0,122.

Manfaat: Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan pembelajaran atau pertimbangan dan mengevaluasi dukungan keluarga dengan perilaku penggunaanalat kontrasepsi (KB) bagiakseptor KB yang tepat dan aman  pada peneliti lain, pihak institusi, pelayanan kesehatan maupun responden.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24