Hubungan Sikap Ibu dengan Perilaku Penggunaan Alat Kontrasepsi (KB) di Puskesmas Samarinda Kota

  • Sri Indah Dakmawati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Pipit Feriani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Alat kontrasepsi (KB), sikap ibu, perilaku

Abstract

Tujuan Studi: Penelitian ini untuk mengetahui hubungan sikap ibu dengan perilaku penggunaan alat kontrasepsi (KB) di Puskesmas Samarinda Kota.

Metodologi: Desain Penelitian ini adalah Analitik Korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah  pasangan usia subur (PUS) yang berada di Puskesmas Samarinda Kota berjumlah 9.794 orang. Sampel sebanyak 384 orang, diambil dengan teknik Purposive Sampling. Alat untuk proses pengumpulan data adalah menggunakan kuesioner, selanjutnya dianalisis dengan uji Korelasi Rank Spearman.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian didapatkan sikap ibu positif 248 (64,5%) responden, negative 136 (35,5%) responden. Penelitian menunjukkan dari 384 orang, perilaku baik 226 (58,9%) responden dan yang kurang baik 158 (41,1%) responden. Dari hasil bivariate p-value 0,000 < α 0,05 dengan koefisien korelasi 0,717. Ada hubungan sikap ibu dengan perilaku pada penggunaan alat kontrasepsi (KB) dengan nilai korelasi positif dan kekuatan korelasinya kuat.

Manfaat: Untuk mengetahui sikap ibu dalam pengambilan sebuah keputusan dalam penggunaan alat kontrasepsi yang dimana sebagai bahan informasi bagi ibu yang menggunakan alat kontrasepsi agar dapat mengendalikan jumlah anak yang diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24