Hubungan Kepribadian dengan Tingkat Depresi Ibu Postpartum di Pukesmas Trauma Center Samarinda

  • Febri Tri Rahayu Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Pipit Feriani
Keywords: Kepribadian, Depresi, Postpartum

Abstract

Tujuan Studi: Untuk mengetahui Hubungan Kepribadian Dengan Tingkat Depresi ibu Postpartum  di Puskesmas Trauma Center Samarinda.

Metodologi:  Desain penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah 165 responden dengan menggunakan total sampling, dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan Kuesioner Edinburgh Postpartum Depression Scall (EPDS) dan kuesioner kepribadian BIG FIVE PERSONALITY yang di adaptasi dari IPIP. Analisis meliputi analisis univariat untuk melihat gambaran karakteristik responden dan bivariat untuk melihat hubungan antara variable menggunakan fisher exact.

Hasil: Hasil uji fisher exact menunjukkan p value 0,001 < 0,05 bahwa terdapat hubungan kepribadian dengan kejadian depresi postpartum. hasil OR(CI 95%) 54.000(15.536-187.695) mengindasikan bahawa kepribadian negative 54 kali dapat menyebabkan depresi postpartum.

Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kepribadian dengan tingkat depresi ibu postpartum di Puskesmas Trauma Center Samarinda. Diharapkan bagi ibu postpartum untuk dapat mencegah depresi postpartum dengan cara meningkatan kepribadiannya ke arah yang lebih positif dengan cara mengutarakan keluhannya pada suami dan orang lain dan lebih terbuka terhadap orang lain sehingga ibu lebih siap untuk menghadapi kondisi yang akan datang setelah melahirkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24