Hubungan Frekuensi ANC dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Puskesmas Trauma Center Samarinda

  • Eka Noviana Anggraini Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Tri Wijayanti
Keywords: Frekuensi ANC, Ibu Hamil, Anemia

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik ibu hamil dan menganalisa hubungan antara frekuensi ANC dengan kejadian anemia pada ibu hamil di Puskesmas Trauma Center Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode desain penelitian deskriptif analitik murni atau survey yang berarti memaparkan atau menggambarkan sesuatu hal sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh peneliti. Sampel yang digunakan diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 174 responden. Untuk teknik analisa yang digunakan adalah uji Fisher Exact. Data diperoleh oleh peneliti ini menggunakan kuesioner dan data demografi berdasarkan buku KIA. Teknik analisa data menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat dengan rumusnya Fisher Exact.

Hasil: Hasil penelitian hubungan frekuensi ANC dengan kejadian anemia pada ibu hamil di Puskesmas Trauma Center Samarinda tidak ada hubungan yang signifikan antara frekuensi ANC dengan kejadian anemia pada ibu hamil dengan menunjukkan hasil Fisher Exact p value 0,08 (p>0,05).

Manfaat: Manfaat penelitian ini diharapkan agar masyarakat dapat melakukan pemeriksaan ANC dengan teratur agar mengetahui risiko yang akan timbul disaat kehamilan, baik kesehatan ibu dan janin.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-27

Most read articles by the same author(s)