Hubungan Paritas dengan kejadian Hipertensi pada Kehamilan

Authors

  • Rani Suciati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Tri Wijayanti

Keywords:

Parity, Hypertension, Pregnancy

Abstract

Tujuan Studi : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara paritas dengan kejadian tekanan darah tinggi (hipertensi) yang terjadi pada ibu hamil yang melakukan pemeriksaan di lingkungan kerja puskesmas Air Putih. Hal ini didasari dari data Profil Kesehatan Nasional tahun 2015 bahwa sebanyak 27,1% ibu hamil mengalami hipertensi dan mengalami kematian. Paritas merupakan jumlah kehamilan dan melahirkan ibu hamil, baik lahir hidup maupun lahir mati. Metodologi :  Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain cross sectional study. Dalam penelitian ini, subjek yang digunakan adalah 197 orang ibu hamil dari 691 populasi. Hasil diperoleh dengan menggunakan uji chi square dengan 5% taraf signifikansi.

Hasil : Hasil uji bivariat dengan uji statistik menggunakan uji korelasi Chi Square menunjukkan nilai p.value sebesar 0,025 sehingga 0,025 lebih kecil dari 0,05. Dari hasil tersebut dinyatakan bahwa ada hubungan antara paritas dengan kejadian hipertensi pada kehamilan. Ada hubungan paritas dengan kejadian hipertensi pada kehamilan di wilayah kerja Puskesmas Air Putih kota Samarinda dikarenakan ibu hamil tidak mendapat informasi tentang paritas yang dapat menyebabkan hipertensi pada kehamilan.

Manfaat : Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat menjadi bahan rujukan referensi dan menjadi bahan pengambilan keputusan bagi para pemangku kebijakan agar diupayakan berdampak pada kehidupan hajat hidup masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06

Most read articles by the same author(s)

> >>